Layanan Telematika
Pada
saat ini media informasi sudah banyak berkembang. Teknologi telematika yang
telah berkembang mampu menyampaikan suatu informasi melalui media yang semakin canggih.
Telematika adalah singkatan dari
Telekomunikasi dan Informatika. Ini merupakan suatu bentuk hubungan saling
bertukar informasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lain. Layanan
Telematika itu adalah Layanan dial up ke jaringan internet maupun semua jenis
jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data.
Layanan Telematika (dalam bhs.Inggris disebut juga Telematics Services) dewasa
ini sudah banyak digunakan oleh pemerintah Indonesia untuk menunjang kebutuhan
dan kenyamanan masyarakat.
Jenis-jenis Layanan
Telematika :
1. Layanan Informasi
Layanan
informasi merupakan penggabungan dari telekomunikasi digital dan teknologi
komputer yang memainkan peran penting dalam komunikasi antara manusia dengan
kendaraan bergerak seperti mobil yang menawarkan layanan GPS.
contoh lainnya :
M-Commerce dan VOD.
2. Layanan Keamanan
Layanan
keamanan merupakan layanan yang menyediakan keamanan informasi dan data agar
tidak mudah terhapus atau hilang . Layanan ini terdiri atas enskripsi, penggunaan
protokol, penentuan akses kontrol dan auditin.
contoh : penggunaan
firewall dan antivirus
3. Layanan Context
Aware & Even Base
Layanan
Context Aware & Even Base merupakan layanan dimana sistem memiliki
kemampuan untuk mengrti kebutuhan user, network dan lingkungan.
contoh : ketika
seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang
dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan
akan menolak seluruh panggilan telepon yang tidak penting. Dan untuk saat ini,
konteks location awareness dan activity recognition yang merupakan bagian dari
context-awareness menjadi pembahasan utama di bidang penelitian ilmu komputer.
Tiga hal yang menjadi
perhatian sistem context-aware menurut Albrecht Schmidt, yaitu:
1) The acquisition of context
1) The acquisition of context
Berkaitan
dengan pemilihan konteks dan bagaimana cara memperoleh konteks yang
diinginkan.contoh : pemilihan konteks lokasi, dengan penggunaan suatu sensor
lokasi tertentu (misalnya: GPS) untuk melihat situasi atau posisi suatu lokasi
tersebut.
2) The abstraction
and understanding of context
Pemahaman
terhadap bagaimana cara konteks yang dipilih berhubungan dengan kondisi nyata,
bagaimana tanggapan sistem dan cara kerja terhadap inputan dalam suatu konteks
dan dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi.
3) Application behaviour based on the recognized context
Bagaimana
pengguna dapat memahami sistem dan tingkah lakunya yang sesuai dengan konteks
yang dimilikinya serta bagaimana cara memberikan kontrol penuh kepada pengguna
terhadap sistem.
Empat kategori
aplikasi context-awareness menurut Bill N. Schilit, Norman Adams, dan Roy Want,
yaitu :
1) Proximate selection Proximate selection :
Sebuah
teknik antarmuka yang memudahkan pengguna dalam memilih atau melihat lokasi
objek (benda atau manusia) yang berada didekatnya dan mengetahui posisi lokasi
dari user itu sendiri.
2) Automatic Contextual Reconfiguration :
Bagaimana
konteks yang digunakan membawa perbedaan terhadap konfigurasi sistem dan
bagaimana cara antar setiap komponen berinteraksi. contoh: penggunaan virtual
whiteboard sebagai salah satu inovasi automatic reconfiguration yang
menciptakan ilusi pengaksesan virtual objects sebagai layaknya fisik suatu
benda.
3) Contextual Informations and Commands
Dimana
informasi-informasi yang berkaitan dan perintah yang akan dilaksanakan disimpan
ke dalam sebuah directory tertentu. Setiap file yang berada di dalam directory
berisi locations and contain files, programs, and links. Ketika seorang user
berpindah dari suatu lokasi ke lokasi lainnya, maka browser juga akan langsung
mengubah data lokasi di dalam directory.
4) Context-Triggered Actions
Cara
kerja sistem context-triggered actions sama layaknyadengan aturan sederhana
IF-THEN. Informasi yang berada pada klausa kondisi akan memacu perintah aksi
yang harus dilakukan. contoh : coffee kitchen arriving “play –v 50
~/sounds/rooster.au” artinya, ketika siapapun berada di dapur dan menggunakan
mesin coffee maker maka alarm rooster sound akan berbunyi.
4. Layanan Perbaikan
Sumber
Layanan
perbaikan atau disebut Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang
berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. The RDS juga
berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat
kecepatan penemuan.
No comments:
Post a Comment