PENGERTIAN ANTAR MUKA TELEMATIKA BESERTA FITUR ( KESIMPULAN)
Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan
yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan
sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan
langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line
Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).
Command Line Interface(CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan
sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program
di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris
tertentu.Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau
istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash,
ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi
nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft
menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai
terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.
Graphical User Interface(GUI).
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk
berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu,
dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track
ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window,
icon, menu, pointing device). Pengguna komputer yang awam seringkali menilai
sebuah sistem operasi dari GUI-nya. Sebuah sistem operasi dianggap bagus jika
tampilan luarnya (GUI-nya) bagus. Padahal, seperti telah dijelaskan sebelumnya,
komponen sistem operasi tidak hanya GUI, sehingga penilaian terhadap sebuah
sistem operasi tidak bisa hanya dari satu komponen saja. Karena GUI adalah
kesan pertama pengguna dengan sistem operasi itu, setiap pengembang sistem
operasi berlomba-lomba mengembangkan GUI-nya dengan keunggulannya
masing-masing.Sejarah mencatat bahwa Xerox PARC (Palo Alto Research Center)
yang pertama kali meriset tentang GUI. Pada tahun 1984, Apple merilis Macintosh
yang menggunakan GUI hasil riset Xerox PARC. Beberapa tahun kemudian, Microsoft
merilis sistem operasi Windows-nya yang juga menggunakan GUI. Apple mengklaim
bahwa Microsoft mencuri ide dari Apple. Seperti halnya CLI, tiap-tiap sistem
operasi juga memiliki nama tersendiri untuk komponen GUI-nya. Pada Apple Mac OS
X, GUI-nya disebutAqua. Microsoft memberi nama GUI Windows XP sebagai Lunar dan
GUI Windows Vista sebagai Aero. Pada Linux, ada dua pengembang utama desktop
environment pada Linux, yang masing-masing menghasilkan produk KDE (K Desktop
Environment) dan GNOME. KDE digunakan pada beberapa distro seperti SuSE dan
Mandrake, sedangkan GNOME dipakai pada beberapa distro seperti Fedora Core dan
Ubuntu.
Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme
komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User
Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan
informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah
sampai ditemukan suatu solusi. user interface, berfungsi untuk menginputkan
pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan
penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh
step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu
sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam
memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam
mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
Contoh Fitur Interface pada Yahoo! Zimbra Desktop, Akses
Webmail di Saat Offline Oleh: Restituta Ajeng Arjanti, “ Ini nikmatnya punya
akun email berbasis web (webmail) macam Yahoo!Mail atau Gmail: kita bisa
mengakses email di mana saja, kapan saja, dan dengan mesin komputer manapun.
Tapi sayang, akses webmail hanya bisa dilakukan saat penggunanya sedang online,
terhubung dengan internet. Tapi, itu dulu. Sekarang, pengguna layanan webmail
pun bisa mengakses email-nya saat sedang offline, tak terhubung dengan
internet. Caranya dengan menggunakan aplikasi Yahoo! Zimbra Desktop.
Asal Anda tahu, pada pertengahan September 2007, Yahoo
mengakuisisi Zimbra, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi
email dan kolaborasi, untuk memperluas pasar online-nya. Akuisisi senilai
USD350 juta itu telah membuahkan hasil. Akhir Juli lalu, versi Beta 3 dari
Yahoo! Zimbra Desktop telah tersedia untuk diunduh. Pemilik akun Yahoo!Mail,
Gmail, dan AOL Mail adalah yang pertama bisa merasakan nikmatnya mengakses
webmail secara offline.
Selain itu, Zimbra Desktop juga bisa dipakai untuk mengakses
email yang mendukung IMAP (Internet Message Access Protocol) dan POP3 (Post
Office Protocol). Aplikasi ini, tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux,
dan Mac OS; diposisikan untuk bersaing dengan Microsoft Outlook dan Mozilla
Thunderbird. Saat penggunanya tak terhubung dengan internet, Zimbra Desktop
akan berfungsi layaknya sebuah aplikasi standalone. Ia bisa dioperasikan untuk
membaca setiap email yang tersimpan dalam inbox. Selain itu, penggunanya pun
bisa melakukan beragam setting fungsi dan tampilan, serta mengakses
fitur-fiturnya. Dalam keadaan online, pengguna bisa menarik email-email baru ke
dalam mailbox Zimbra Desktop-nya.
Terdapat 6 macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna
telematika. Fitur-fitur itu antara lain:
1.Head Up Display System
Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan
yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang
lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat
melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah
depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat
untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada
penerbangan sipil, kendaraan bermotor dan aplikasi lainnya.
2.Tangible User Interface
Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka
dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan
fisik. Nama inisial Graspable User Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah
satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media
MIT yang memimpin Tangible Media Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI
disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga
membuat bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung.
3.Computer Vision
Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan
dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi
berhubungan dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem kecerdasan
buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar). Data citranya dapat
dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video, pandangan deri beberapa kamera,
data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis.
4.Browsing Audio Data
5.Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech
recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition).
Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan.
Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech
recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa,
seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu
disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali
siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu
bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat
mengartikan pembicaraan siapa saja.
6.Speech Synthesis
Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari
pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech
syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras.
Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.
No comments:
Post a Comment