Tuesday, January 10, 2012

Tulisan II | Pengembangan Organisasi

Pengembangan organisasi adalah suatu program untuk meningkatkan keefektivitasan keorganisasian dalam menghubungkan keinginan individu akan pertumbuhan dan perkembangan tujuan keorganisasian. tidak selamanya organisasi akan berjalan begitu-begitu saja, masyarakat menginginkan suatu organisasi yang lebih fleksibel dan tidak kaku seperti yang ada pada saat ini. Oleh karena itu program pengembangan untuk organisasi harus dilaksanakan sedini mungkin.

Beberapa alasan perlunya pengembangan organisasi:
  1. Pengembangan untuk menyesuaikan dengan perubahan,
  2. Pengembangan unutk memberikan suatu jawaban atas suatu perubahan,
  3. Pengembangan untuk memberikan harapan.
Metode-metode tentang pengembangan organisasi:
  1. Metode Pengembangan Perilaku,
  2. Metode Pengembangan Ketrampilan dan sikap.
Dapat kita lihat diatas tentang alasan perlunya pengembangan sebuah organisasi, adanya penyesuaian tentang suatu perubahan. Apa itu perubahan dan apa hubungannya dengan pengembangan organisasi? Saya akan menjelaskannya lebih lanjut.

Perubahan organisasi merupakan proses penyesuaian desain organisasi terhadap kondisi lingkungan yang dihadapi. Perubahan memiliki dua sifat, yaitu reaktif dan proaktif.
  1. Perubahan reaktif adalah perubahan yang dilakukan sebagai tanda-tanda reaksi bahwa perubahan diperlukan melalui pelaksanaan untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul.
  2. Perubahan proaktif adalah perubahan yang diarahkan melalui kebijakan atau sasaran baru yang dengan sengaja di desain dan di implementasikan.
Tujuan Perubahan Organisasi:
  1. Meningkatkan kemampuan berorganisasi,
  2. Meningkatkan peranan organisasi,
  3. Melakukan penyesusaian secara internal dan eksternal,
  4. Meningkatkan daya tahan organisasi,
  5. Mengendalikan suasana kerja.

No comments:

Post a Comment