Wednesday, February 16, 2011

Bab I | Manusia dan Kebudayaan

Nama : Sulaiman Malik
Kelas : 1KA33
NPM : 16110730
Dosen : Nunuk Sekarsari 

HAKEKAT MANUSIA


·         Makhluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
Tubuh adalah materi yang dapat dilihat, diraba, dirasa, wujudnya konkrit tetapi tidak abadi. Jika manusia itu meninggal, tubuhnya hancur dan lenyap. Jiwa terdapat didalam tubuh, tidak dapat dilihat, tidak dapat diraba, sifatnya abstrak tetapi abadi. Jika manusia meninggal, jiwa lepas dari tubuh dan kembali ke asalnya yaitu Tuhan, dan jiwa tidak mengalami kehancuran. Jiwa adalah roh yang ada di dalam tubuh manusia sebagai penggerak dan sumber kehidupan.

·         Makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan dengan makhluk lainnya.
Kesempurnaannya terletak pada adab dan budayanya, karena manusi dilengkapi oleh penciptanya dengan akal, perasaan, dan kehendak yang terdapat di dalam jiwa manusia. Dengan akal (rasio) manusia mampu menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi. Adanya nilai baik dan buruk, mengharuskan manusia mampu mempertimbangkan, menilai dan berkehendak menciptakan kebenaran, keindahan, kebaikan atau sebaliknya. Selanjutnya dengan adanya persaan, manusia mampu menciptakan kesenian. Daya rasa (perasaan) dalam diri manusia itu ada 2 macam yaitu perasaan inderawi dan perasaan rohani. Perasaan inderawi adalah  rangsangan jasmani melalui panca indra, tingkatny rendah dan terdapat pada manusia atau binatang. Perasaan rohani adalah perasaan luhur yang hanya terdapat pada manusia misalnya :

  1. Perasaan intelektual yaitu perasaan yang berkenaan dengan pengetahuan,
  2. Perasaan estesis yaitu perasaan yang berkenaan dengan keindahan,
  3. Perasaan etis yaitu perasaan yang berkenaan dengan kebaikan,
  4. Perasaan diri yaitu perasaan yang berkenaan dengan harga diri karena ada kelebihan dari yang lain,
  5. Perasaan sosial yaitu perasaan yang berkenaan dengan kelompok atau korp atau hidup bermasyarakat, ikut merasakan kehidupan orang lain,
  6. Perasaan religius yaitu perasaan yang berkenaan dengan agama atau kepercayaan.

·         Makhluk biokultural yaitu makhlik hayati yang budayawi
Manusia adalah produk dari saling tindak atau interaksi faktor-faktor hayati dan budayawi. Sebagai makhluk hayati, manusia dapat dipelajari dari segi-segi atonomi, fisiologi, biokimia, psikobiologi, patologi, genetika, biodemografi, evolusi biologisnya, dsb. Sebagai makhluk budayawi manusia dapat dipelajari dari segi-segi : kemasyarakatan, kekerabatan, psikologi sosial, kesenian, ekonomi, perkakas, bahasa, dsb.

·       Makhluk ciptaan Tuhan yang terikat dengan lingkungan (ekologi), mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya.
Soren Kienkegaard seorang filsuf Denmark pelopor ajaran “eksistensialisme” memandang manusia dalam konteks kehidupan konkirt adalah makhluk alamiah yang terikat dengan lingkungannnya (ekologi), memiliki sifat-sifat alamiah dan tunduk pada hokum alamiah pula.

Study kasus :
Ada sebuah kasus, seorang Mahasiswa yang beridealisme “tinggi” mempunyai pemahaman yang berbeda dengan Mahasiswa umumnya, terutama dalam hal politik. Ia selalu menganggap rendah dan salah pemahaman orang lain akan fenomena politik. Memang kualitas analisanya dapat dikatakan baik jika dibandingkan Mahasiswa lain di Fakultasnya, hal itu karena Ia sangat rajijn membaca buku yang berkaitan dengan filsafat, dan politik. Pada suatu ketika Ia mendebat dosennya mengenai masalah partai politiik di Indonesia, Sang dosen pun merasa kalah. Sebagai dosen yang bijaksana, Ia mengakui analisa Mahasiswa tersebut diatas rata-rata. Begitupun dengan dosen-dosen yang lain juga memberi apresiasi plus terhadap Mahasiswa ini. Tetapi tampaknya Si Mahasiswa ini kurang bisa memahami arti sebuah empati. Ia makin sombong dengan “idealismenya”. Lama-lama dosen pun merasa jengah dengan tingkah lakunya. Walhasil, Ia mendapat nilai C untuik mata kuliah Sistem Politik Indonesia karena dianggap membangkang pada dosen. Pembangkangan yang Ia lakukan adalah dengan sengaja tidak mengumpulkan tugas akhir, yang merupakan sarana untuk menambah nilai. Masalahnya adalah Sang dosen merasa geram dengan tingkah lakunya yang sangat menyepelekan.

Opini :
Setiap orang yang merasa unggul dari yang lain pasti mempunyai alasan, meskipun mungkin perasaannya itu adalah buah dari kecongkakan. Memang benar, kemampuan yang kita miliki harus diaplikasikan dan dipublikasikan pada orang lain, agar mereka tahu potensi kita. Masalahnya, interpretasi orang lain akan pengakuan kita mengenai potensi diri kadang tak seperti yang diharapkan. Namun kita harus memungkiri jika kesombongan adalah sifat alamiah manusia, dimana hal itu dapat kapan saja muncul, baik sengaja ataupun tidak. Biasanya muncul saat kita sedang dalam posisi “diatas”. Maka tak ada salahnya untuki mengingat-ingat kelemahan diri kita dan mengakui keunggulan orang lain, untuki menetralisir “keakuan” diri yang berbuntut kesombongan yang mungkin tidak disengaja.

No comments:

Post a Comment